Tingkatkan Kenyamanan Jamaah Haji Indonesia, PPIH Arab Saudi Luncurkan 4 Layanan Baru di Arafah dan Mina
Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 1444 H/2023 M terus berupaya meningkatkan kualitas layanan demi kenyamaan jamaah haji Indonesia. Peningkatan kualitas layanan dilakukan di beragam sektor, termasuk di Arafah dan Mina.
Dilansir dari mui.or.id, Wakil Ketua PPIH Arab Saudi 1444 H Nasrullah Jasam mengatakan, tahun ini ada 4 inovasi layanan di Arafah dan Mina. Pertama, penambahan toilet di Arafah. Kedua, lantai tenda jamaah haji di Arafah dilapisi pasir halus. Ketiga, perbaikan instalasi listrik, dan keempat, lantai tenda di Mina menggunakan keramik.
Menurut Nasrullah, rasio kamar mandi jamaah haji Indonesia di Arafah pada musim haji 1444 H ini lebih baik dari tahun sebelumnya. “Selama ini, rasio toilet di Arafah adalah 1:150. Tahun ini kita upayakan penambahan toilet sehingga rasionya menjadi 1:50,” jelas Nasrullah Jasam saat malam Ta’aruf PPIH Daker Makkah di Jarwal, Selasa (30/5/2023).
“Kita masih memantau proses penyediaan yang dilakukan masyariq atau perusahan penyedia layanan,” imbuhnya.
Inovasi kedua, lanjut Nasrullah, lantai tenda jamaah haji Indonesia di Arafah, dilapisi dengan pasir halus yang dipadatkan dengan alat berat. Setelah itu, akan digelar karpet dan busa serta dilengkasi pendingin udara dengan AC. “Dipadu dengan AC, lantai beralas pasir halus diharapkan menjadikan suhu menjadi lebih dingin,” sebutnya.
Inovasi ketiga adalah instalasi listrik yang tidak lagi mengandalkan generator. Pada tahun sebelumnya listrik Arafah menggunakan generator. Sehingga dayanya kurang stabil.
“Tahun ini sudah sepenuhnya instalasi sehingga daya listrik lebih tinggi. Ini diharapkan menjadikan AC lebih dingin,” jelasnya.
Selain itu hal ini diharapkan menjadikan support listrik untuk alat kesehatan juga lebih optimal.
Sementara khusus di Mina, lanjut Nasrullah, inovasi tahun ini adalah pada lantai tenda yang sudah menggunakan keramik. Sebelumnya, lantai tenda di Mina menggunakan batako.
“Sekarang sudah berkeramik. Lebih rata. Sehingga diharapkan lebih nyaman untuk ditempati setelah digelar karpet dan busa,” ungkapnya.
Untuk meningkatkan kualitas layanan ini dan kelancaran operasional jamaah haji Indonesia, pihak PPIH terus melakukan komunikasi dan koordinasi dengan pihak Saudi.
“Kita selalu berkomunikasi dengan Saudi untuk kelancaran operasional haji 1444 H,” pungkasnya. []